Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas

Konten Multimedia yang salah satunyaVideo merupakan jenis konten yang sedang populer sekarang ini. Banyak sekali tutorial atau berita yang disajikan dalam bentuk video. Selain dapat digunakan untuk menambah variasi, sekarang banyak orang yang sudah bosan membaca :( dan akhirnya beralih dengan sesuatu yang baru.

Dibanding membaca artikel yang begitu panjang, kebanyakan orang lebih senang menonton video. Untuk itulah banyak pengelola atu penyajian berita mulai beralih ataupun pelaku di bidang lainya mulai gencar menggunakan video sebagai media penyajian konten.

Biasanya ukuran Video yang diambil menggunakan kamera digital akan memiliki size yang cukup besar. Untuk diupload ke situs youtube misalnya, jika kalian berencana mensharenya maka akan membutuhkan waktu yang sangat lama, dan terkadang saking besarnya file video bisa - bisa malah gagal diupload.

Jika kalian mencoba untuk mengurangi ukuran size video menggunakan editor video, sering kali hasil yang didapatkan adalah kualitas video akan sedikit berkurang dari yang aslinya.

Kecilkan ukuran video
Maka dari itu U-trik memberikan salah satu tips dan trik Cara Mengecilkan Size Video tanpa Mengurangi Kualitas Aslinya. dengan menggunakan software Cyko, cara ini berbeda dengan konvert video yang juga dapat mengecilkan size (ukuran). Cara mengecilkan size video tanpa mengurangi kualitas aslinya lebih sering diistilahkan sebagai encoding. Encoding sendiri adalah proses untuk mengubah sinyal ke dalam bentuk yang dioptimasi untuk keperluan transmisi data atau penyimpanan datanya, istilah gampangnya ialah kompresi suatu data kedalam bentuk kode-kode tertentu.

Cara encode ini biasa digunakan oleh pengupload film-film atau anime untuk mendapatkan size yang kecil dan kualitas yang tetap terjaga. Dan cara ini adalah salah satu dari sekian banyak yang bisa dibilang mudah dan simpel penggunaanya.

Dari pada banyak penjelasan mari kita peraktekan saja :
Pertama tama anda harus download dulu alat tempurnya di bawah ini
Cyko dan handbrakeCLI
(Cyko is a batch video encoder for mini-size anime encoding powered by Handbrake)
  1. Setelah selesai mendownload softwarenya jalankan handbrakeCLI.exe , nanti akan muncul command prompt dan akan hilang dengan cepat
  2. lalu buka Cyko.exe , dan masukkan file videonya lewat add source file (sebagai contoh saya akan encode "Sampel" size 98Mb)
    setelah film masuk ke cyko, dan pilih tempat output locationnya.
    Gambar 1
    Angak 1: add source file tempat anda memlilih file video yang akan diperkecil sizenya
    Angka 2: Pastikan filenya benar
    Angka 3: output location tempat hasil video yang sudah yang akan anda konvert
  3. Sekarang pilih tab options dan lakukan pengaturan sebagai berikut:
    Value: isi dengan 26
    Height: isi dengan 480
    Audio bitrate: isi dengan 50.
    Klik scan audio tracks count then put parameters to outputs
  4. Gambar 2
  5. Jika sudah klik scan
    setelah itu akan masuk ke tab outputs, tinggal klik encode!
  6. Gambar 3
  7. Selanjutnya Anda tinggal menunggu proses encoding sampai selesai.
Lamanya proses encode dipengaruhi oleh settingan seperti langkah 3 tadi dan kualitas videonya. Settingan tidak harus sama seperti yang berikan diatas.
Itulah langkah - langkah untuk Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas. Sangat mudahkan? Kini Anda bisa dengan lebih cepat dan nyaman berbagi konten video di internet tanpa perlu terkendala ukuran video yang terlalu besar.

Baca Juga :


Karena saya sadar jika tutorial yang saya tulis di atas jauh dari kata sempurna, maka segala sesuatu yang kurang jelas (dipahami) bisa anda sampaikan melalui komentar. Kurang lebihnya mohon maaf dan terimakasih.

2 Responses to "Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas"

  1. keren memang mas,,, pake cyko paling TOP..

    kalo encoder utk MP3 yg kualitasnya mirip ciko ada ga ya...???

    BalasHapus
  2. makasih ya min sudah mau berbagi hehe...
    lampu servis led

    BalasHapus