Tips Mengatasi HP Android Lemot Tanpa Aplikasi

Pernahkah Anda merasakan Hp smartphone Android yang digunakan lemot, lambat atau bisa juga dibilang lelet? Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Misalnya, memori yang menipis (habis) karena terlalu banyak menginstal aplikasi/game, atau bisa juga karena banyaknya pengaturan (setting) khusus yang ‘menguras/menyebabkan ’ kinerja smartphone.

Mungkian anda bertanya..??? "Padahal kalau melihat spesifikasi android saya, seharusnya memiliki kinerja yang tetap cepat dan handal"

Perlu anda ketahui Android bukanlah sistem operasi super yang selalu menjamin kondisi sistemnya tetap optimal, tentu saja sama seperti sistem operasi pada umumnya, ada kelemahan dan juga saat penurunan kinerja dari sistem itu sendiri jika tidak dirawat dengan baik.

Mengatasi HP Android Lemot Tanpa Aplikasi

Nah kali ini saya akan memberikan tips mengatasi masalah hp android kesayangan kamu supaya tidak lemot atau lamban :

1. Matikan Live Wallpaper
Secara umum, menginstal Live Wallpaper bisa mempercantik tampilan interface smartphone. Namun dengan mengaktifkannya, akan memperlambat kinerja ponsel pintar Anda. Pasalnya, Live Wallpaper akan membuat animasi terus berjalan, dan ponsel akan dipaksa untuk terus bekerja. Nah, dengan mematikan live wallpaper, Anda dapat membuat pergerakan scroll pada desktop ponsel menjadi lebih ringan dan lancar dan bukan hanya itu saja dengan mematika live wallpaper kamu juga bisa menghemat komsumsi sumber daya battery, sehingga daya tahan hp akan lebih tahan lama.
Cara Mematikan Live Wallpaper
Cara mematikannya : Anda tinggal masuk ke menu setting > display lalu ganti live wallpaper Anda dengan wallpaper biasa.

2. Selalu Update Perangkat
Ada alasan di balik perilisan software update. Salah satunya adalah untuk meningkatkan kemampuan dari sebuah perangkat. Karena itu, tak ada salahnya menjadi “kepo update” dalam hal ini.
anda sebaiknya selalu memeriksa keberadaan software update secara rutin.
Caranya : Kunjungi menu “Settings”, diikuti “About Phone”. Lalu sentuh pilihan “System Updates”. Bila tersedia, maka jangan segan-segan untuk segera melakukan software update.

3. Jangan Menggunakan Animasi (Matikan Animasi)
Dengan menggunakan animasi memang membuat Android lebih terlihat indah, atau bahkan lebih terlihat canggih. Tapi dengan mematikan animasi, maka kinerja RAM pada ponsel anda berkurang sehingga perpindahan menu ponsel anda akan terasa lebih cepat dan gesit.
Jangan Menggunakan Animasi
Cara mematikannya : Masuk ke setting > Developer options lalu matikan ketiga animasi Android yang digunakan oleh ponsel Anda. Ketiga animasi tersebut adalah Window animation scale, Transition animation scale dan Animator duration scale.

4. Uninstall (Hapus)/Disable Aplikasi yang Tidak Diperlukan
Setiap perangkat memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas. Semakin penuh memori internal terisi, maka akan semakin lambat pula kinerja dari device tersebut. Karena itu, sudah saatnya anda melakukan aksi bersih-bersih. Salah satunya adalah melakukan penyortiraan dokumen foto dan video, serta meng-uninstall aplikasi tak penting.
Untuk meng-uninstall sebuah aplikasi, hanya perlu masuk ke menu “Setting”. Setelah itu, akses menu “Apps” dan pilih aplikasi yang kalian ingin uninstall. Aplikasi bawaan yang disebut dengan istilah bloatware memang tidak bisa dihilangkan. Tetapi anda tetap bisa menonaktifkannya dengan memilih “Disable”. Untuk menyingkirkan atau uninstall aplikasi Android secara online, Anda bisa melakukannya dengan masuk ke Play Store > My Apps dan memilih satu persatu aplikasi yang ingin dihapus.

5. Kurangi Jumlah Widget
Widget merupakan elemen atau bagian dari antarmuka grafis atau GUI, baik berupa kotak teks, tombol dan sebagainya yang menyuguhkan informasi atau pengaturan yang dapat dikurangi atau ditambahkan oleh pengguna. Jika widget yang Anda pakai menyuguhkan informasi yang terus-menerus diupdate setiap saat, maka akan menyebabkan tambahan proses yang menyedot memori sehingga berimbas pada lambatnya kinerja.
Kurangi Jumlah Widget
Untuk itu, ada baiknya Anda menghapus beberapa widget yang jarang digunakan. Bagi Anda yang menggunakan ponsel dengan sistem operasi Android KitKat, mematikan Google Now juga dapat secara efektif meningkatkan kinerja ponsel Anda.

6. Tutup aplikasi yang berjalan di background
Tahukah Anda bahwa dengan menekan tombol home pada ponsel, maka aplikasi yang sedang berjalan akan tetap berjalan di background. Sementara itu bila Anda menekan tombol back saat aplikasi sedang berjalan, maka akan secara otomatis menutup dan mematikan aplikasi tersebut. Untuk itu, mulai saat ini jika Anda inginmembuka aplikasi lain jangan lupa untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan dengan menekan tombol back atau mematikannya dengan bantuan task killer yang bisa Anda download secara gratis dari Play Store.

7. Gunakan Kartu microSD Berkecepatan Tinggi
Kartu microSD kelas 10
Untuk meningkatkan kapasitas memori internal, pengguna biasanya dapat menysipkan kartu microSD ke slot yang disediakan. Selain dapat membuat memori terasa lebih lapang, penambahan kartu microSD ternyata juga dapat membebani kecepatan ponsel dalam memproses informasi yang diperlukan. Dengan menggunakan kartu microSD dengan kelas 6 atau 10, ponsel Anda kini dapat membaca atau menuliskan informasi kedalam kartu memori dengan kecepatan yang lebih tinggi. Jadi mulai sekarang saat anda membeli microSD liah dulu "class"nya supaya tidak membebani ponsel kesayangan anda.

Itulah 7 Tips Mengatasi HP Android lemot Tanpa Aplikasi yang bisa saya sampainkan menurut pengalaman pribadi.

Jika anda ingin mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi info tips&trik dari U-trik.com Like Facebook Page Tips dan Info menarik

1 Response to "Tips Mengatasi HP Android Lemot Tanpa Aplikasi"

  1. paling sebel kalai smartphone tiba tiba jadi lemot yaa, makasih solusinya min...
    mesin pemisah lcd

    BalasHapus