Mudah Mengoptimalkan RAM Komputer

Mungkin sebagian dari anda ada yang merasa memory RAM pada PC/ Laptop nya sudah besar pernah heran kenapa kinerja nya tetap saja kurang maksimal?

Logikanya jika semakin besar kapasitas RAM (Random Access Memory) maka akan meningkatkan kecepatan dan kinerja komputer Anda sehingga Anda dapat menjalankan lebih banyak program termasuk saat proses startup dalam waktu bersamaan.

Tetapi perlu anda ketahui penggunaan aplikasi yang memerlukan memori besar seperti game, software desain atau ketika komputer digunakan dalam jangka waktu yang lama, biasanya akan membebani penggunaan RAM sehingga berakibat pada kinerja dari sistem komputer menjadi lambat alias lemot dan lebih parahnya lagi menjadi hang.

Sebelum itu bagi anda yang mempunyai Flashdisk tidak terpakai, dan ingin Menambahkan RAMnya bisa Menggunakan Flashdisk yang sudah kami bahas DISINI
RAM Komputer
Supaya masalah seperti diatas tidak terjadi pada anda ada sebaiknya kita juga harus mengoptimalkan kinerja pada RAM itu sendiri, agar semua menjadi lancar, berikut ini beberapa langkah yang bisa anda coba untuk mengoptimalakan RAM pada PC/ Laptop anda :

1. Melalui Perintah "msconfig"
  • Buka "RUN" pada komputer anda. Caranya klik logo windows dipojok kiri lalu ketik "Run". Atau untuk lebih cepat bisa menekan Win+R pada keyboard anda.
  • Setelah itu ketik "msconfig" pada kolom open. Kemudian tekan "Enter".(Lihat Pada Gambar dibawah)
  • Pilih Tab Boot.
  • Ceklis kolom "No Gui Boot
  • Untuk waktu anda bisa ganti juga Time-outnya menjadi 3 seconds.
  • Setelah itu masuk Advance Options.
  • Gantilah "Numbers Of Processor" menjadi 2.
  • Jangan lupa beri ceklis pada "Maximum Memory"
  • Jika sudah selesai klik "OK" dan "Apply" Dan "OK" lagi.
  • Langkah terakhir restar komputer/laptop anda.
Cara Memaksimalkan Kerja RAM Dan Processor Laptop
2. Task Manager
Dengan Task Manager kita bisa melihat seluruh proses yang berjalan, kita bisa melakukan sorting dari penggunaan RAM yang terbesar hingga terkecil. Untuk membuka Task Manager Windows anda dapat mengakses Task Manager dengan menekan Ctrl + Alt + Del atau meng klik kanan pada start taskbar dan pilih Task Manager. Maka anda akan melihat window yang menampilkan monitor keseluruhan proses aplikasi.
Untuk cara membaca informasi yang ada pada Task Manager dan mengoptimalkan penggunaan RAM adalah sebagai berikut:

~Jika Total Commit Charge lebih besar dari Total Physical Memory, berarti komputer Sobat membutuhkan RAM lebih besar. Saat Total Commit Charge lebih besar dari Total Physical Memory berarti komputer Sobat secara teratur harus menggunakan Page File, yang akan membuat system Sobat menjadi lambat. untuk mengatasi masalah ini sobat harus membeli RAM untuk menambah kapasitas RAM

~Jika Peak Commit Charge mendekati Limit Commit Charge, berarti Sobat harus menambah RAM atau memperbesar ukuran dari Page File.

3. Mengatur Visual Pada Windows 7
Bila anda mensetting visual menjadi “Best Performance”, maka pasti ada perubahan tampilan pada komputer anda, misalnya pada file yang berupa gambar yang biasanya menampilkan “icon Thumbnails” tidak akan menampilkan gambar, maka anda perlu melakukan penyesuaian dengan mencentang beberapa setting sesuai kebutuhan.
Cara Setting Visual pada Windows 7:
  • Buka Start menu
  • Klik kanan Computer
  • Pilih “Properties” pada konten menu yang muncul
  • Pada panel kiri, pilih “Advanced system settings”
  • Lalu klik tab advace dan pada Performance, klik the “Settings”
  • Pada Tab “Visual Effects” Pilih “Adjust for best performance”
4. Mengurangi Color Quality.
Menggunakan warna 32 bit lebih banyak memakai memori dari pada menggunakan warna 16 bit. Jika komputer anda biasanya digunakan untuk aplikasi bisnis dan kantor seperti word processor dan spreadsheet maka perbedaan antara warna 16 bit dan 32 bit tidaklah terlalu terlihat, jadi lebih baik turunkan saja color quality menjadi 16 bit. Caranya, klik kanan di tempat kosong di desktop Sobat | Properties | Settings kemudian di color quality box pilih 16 bit.

Baca Juga :
>> Tips Cara Mempercepat Koneksi Internet
>> Cara Mempercepat ShoutDown Pada Windows 7

Itulah Cara Memaksimalkan Kerja RAM, semoga bisa memaksimalkan kembali kinerja komputer atau laptop anda.

31 Responses to "Mudah Mengoptimalkan RAM Komputer"

  1. nice info :) terimakasih :)

    BalasHapus
  2. makasih tipsnya! saya banyak dpt pelajaran dan masukan dari membaca postingan ini, salam kenal dari saya Arumy, admin blog honorer, thanks

    BalasHapus
  3. lumayan nie laptopnya jadi agak cepet dari sebelumnya thx min

    BalasHapus
  4. Min, kok laptop ku malah eror?

    BalasHapus
  5. Setelah saya restart laptop saya lngsung bluescreen

    BalasHapus
  6. Gan laptop saya kok bermasalah ya..soalnya saat maksimum memory saya ketik 0. Kemudian saya restart dan laptop saya jadi ngeblur dan windows error

    BalasHapus
  7. y iyalah gan maximum memorynya di ubah dulu sesuai dengan setengah kapasitas ram kalo diset 0 wajar aj bluescreen/rusak itu seperti kalian mau mandi tapi kaga ada air y gmana mau mandi :v

    BalasHapus
  8. Ko jadi tambah berat yah? Ram malah jadi full terus. Tolong solusinya

    BalasHapus
  9. Gan sya uda cba maximum ram dan ubah proce sya jadi 4 ram 8gb. Kok jdi agak lmbt ya ? Atau proceny pilih 2 aja ? Ram 8000 brp gt

    BalasHapus
  10. Selamat malam gan, mau tanya ini ram saya 2gb tapi usable cuman 1.6 gb ... langkah2 yg agan jelaskan sudah sy terapkan tpi masih belum ada perubahan sama sekali. Mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara agar ram saya bisa optimal 2gb caranya gimana gan?

      Hapus
    2. Cara agar ram saya bisa optimal 2gb caranya gimana gan?

      Hapus
  11. Selamat malam gan, mau tanya ini ram saya 2gb tapi usable cuman 1.6 gb ... langkah2 yg agan jelaskan sudah sy terapkan tpi masih belum ada perubahan sama sekali. Mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
  12. saya kok malah berubah jadi 2.6 gb usable untuk ram 4gb,trus saya restart jadi ada problem

    BalasHapus
  13. ram saya 4gb trus saya ikuti cara pertama,pas di restart malah jadi your pc ran into a problem and need to be restart,ini gimana mas?

    BalasHapus
  14. Cara kembalikan pake command gmn... bluescreen ni?

    BalasHapus
  15. Mantap.
    Artikelnya menarik.. Tertarik dengan artikel teknologi? atau artikel lainnya kunjungi http://pena.gunadarma.ac.id/

    BalasHapus
  16. jangan pernah ngotak ngatik yang ada di msconfig kalo ga terpaksa.. percaya dah sama gua..

    BalasHapus
  17. Wah sesat nih trik nya ga semua laptop bs contoh ente khusus dualcore aje tuh...coz yg quadcore RAM 8 GB modar kalo ngikutin petunjuk diatas. Korban nya cukup gw aja ya gan Layar jadi item smua cm nongol pointer doang. Kudu reinstall OS gw. Sempaaak.

    BalasHapus
  18. mengoptimalkan Ram memang sangat perlu biar tidak bkin lemot, makasih gan tutorialnya diatas...
    alat pemisah lcd

    BalasHapus
  19. Balikin lagi gimana tu bro, ramku 12 gb kug malah jadi 10,4 gb usable

    BalasHapus
  20. Ram gw 4 gb, usable 3,5 gb, stelah gw ikutin tutorial lu, dan udah gw restart hasilnya ram usable 2,4 gb, what happen? -_-

    BalasHapus
  21. Nyesel gue ngikitin cara ini. Komputer saya malah tambah parah

    BalasHapus
  22. Jangan ikutin cara ini.. sya juga nyesel.

    BalasHapus
  23. Postingan tai.. gue nyesel pake cara ini. Rugi gue. Hapus aja postingan ini. Merugikan banyak orang

    BalasHapus