Tanda Komputer Terserang Virus

Seringkali saat terkoneksi internet, pihak yang tidak bertanggung jawab menyebarkan virus-virus berbahaya (malware) ke PC Anda. Meskipun sudah menggunakan anti virus sebagai tindakan perlindungan, tetapi tidak menutup kemungkinan masih bisa terinfeksi virus.

Virus memang sangat menyebalkan, sebenarnya banyak akibat dari virus yang sangat fatal, dan dapat menyusahkan anda. Sebagai contoh yang pernah dialami oleh saya adalah virus yang menyerang komputer memakan memory yang tersedia pada harddisk, karena dengan mudah menggandakan dirinya bahkan tak tanggung-tanggung virus bisa memakan free space hdd sampai bergiga-gigabite

Untuk mengetahui apakah komputer anda terkena virus atau tidak, perhatikan gejala-gejala komputer anda. Berikut ini gejala-gejala yang biasanya terjadi jika komputer terkena virus :
    Virus Komputer
  • virus dapat menggandakan dirinya dengan sangat mudah tanpa sepengetahuan anda
  • virus bisa memakan memory yang tersedia pada harddisk anda karena dengan mudah menggandakan dirinya bahkan tak tanggung-tanggung virus bisa memakan free space hdd anda sampai bergiga-gigabite
  • Data-data penting anda akan hilang dengan sangat mudah
  • Komputer mulai berjalan sangat lambat, ini juga bisa terjadi karena banyaknya shortcut program yang anda install dan berjalan di background
  • Munculnya file-file aneh di folder tertentu. Misalnya file yang bernama sama dengan file dokumen atau nama folder
  • Komputer sering restart atau mati sendiri sewaktu-waktu atau anda membuka program khusus seperti Task Manager, anti virus dan lainnya
  • Adanya logo tertentu jika anda klik kanan My Computer > Properties
  • Hilangnya beberapa opsi di komputer atau program tidak bisa berjalan, seperti tidak bisa membuka Folder Options atau menunya hilang, tidak bisa menjalankan Registry Editor, Membuka kotak Run, Command Prompt dan lainnya
  • Program Anti virus dan sejenisnya tidak bisa berjalan
  • Terkadang muncul pesan-pesan aneh seperti puisi dan sejenisnya
Dan inilah akibat fatal jika komputer terjangkit virus
1. Iklan Pop-up
Seringkali ketika Anda membuka berbagai situs online, berbagai iklan melalui jendela baru akan bermunculan. Misalnya, memberitahu bahwa Anda merupakan pengunjung situs kesekian dan mendapat hadiah dengan cara klik jendela tersebut untuk mengklaim hadiah tersebut. Secara tidak langsung melalui cara inilah komputer dapat terinfeksi virus.

Untuk menghilangkan virus, Anda bisa menggunakan Spybot Search & Dstroy (gratis) atau Malwarebytes Virus Removal (USD25 atau Rp24 ribuan).

2. Pembajakan Akun dan Pesan Tak Terkirim
Apabila komputer terinfeksi virus, maka ia menyerang piranti lunak dalam perangkat sebanyak mungkin. Akibatnya, tidak jarang Anda tidak dapat mengakses email, IM dan akun media sosial. Bahkan, dalam beberapa kasus virus tersebut mampu mengirim pesan malware dari akun Anda ke semua kontak yang terintegerasi dengan PC Anda.
Untuk mengantisipasinya, periksa pesan terkirim (outbox) dari email Anda. Jika Anda menemukan pesan terkirim yang bukan dari Anda, maka pastikan Anda mengubah password akun email tersebut.

3. Peringatan Lockdown
Jika Anda mendapat pesan bahwa komputer Anda telah dikunci karena adanya aktivitas illegal yang mengharuskan Anda membayar biaya untuk membukanya kembali, abaikan saja. Karena besar kemungkinan komputer Anda hanya terinfeksi ransomware (sering juga disebut sebagai pemerasan cryptoviral atau scareware) yang membatasi akses ke sistem komputer.

Kadang-kadang pesan ini bahkan tidak tampak resmi, sehingga Anda patut waspada. Untuk mengantisipasinya, Anda dapat menginstal anti virus, seperti AVG dan Kaspersky.

Cara terbaik untuk menjaga PC Anda yaitu dengan melakukan pemeriksaan dengan teratur melalui program antivirus dan memastikan sistem operasinya harus up to date.

1 Response to "Tanda Komputer Terserang Virus"

  1. jadi virus malware itu bahaya sekali ya keberadaannya...
    blower hp

    BalasHapus