Perbedaan dan Kelebihan Windows 8 dengan Windows 7

Windows 7 memang telah menjadi sistem operasi Microsoft yang paling banyak digunakan. Dengan diluncurkannya Windows 8, apakah pengguna Windows 7 akan beralih?

Umur Windows 8 sudah lumayan lama tetapi konsumen masih enggan melepas XP dan Windows 7. Informasi terakhir yang di dapatkan Admin dari Tech News Digest, popularitas Windows 7 masih lebih tinggi dari Windows 8. Ini mengindikasikan kalau konsumen lebih memilih Windows 7 sebagai OS mereka ketimbang Windows 8 yang membawa nuansa baru.

Perbedaan dan Kelebihan Windows 8 dengan Windows 7

Bagi anda yang akan beralih ke Windows 8 ada baiknya mengetahui terlebih dahulu beberapa fitur yang ditawarkan dan perbedaannya dengan Windows 7.

Berikut Perbedaan dan Kelebihan Windows 8 dengan Windows 7:

Harga 
Harga Windows 8 lebih mahal dari pada Windows 7. Bedanya bukan tidak sedikit, harga Windows 8 untuk yang Pro US$200 atau sekitar Rp2,3 juta dan Windows 7 Pro danpat dibeli dengan harga US$142,95 atau sekitar Rp1,700,000.


Fitur Layar Sentuh
Perbedaan yang paling mendasar dari Windows 8 dengan Windows 7 adalah adanya fitur layar sentuh. Sebenarnya di Windows 7 sudah ada fitur ini, hanya saja kurang maksimal. Untuk itu, Windows 8 diciptakan sebagai penyempurna layar sentuh Windows 7. Bagi yang tidak memiliki PC dengan fitur layar sentuh, Anda tak perlu khawatir. Sebab, fitur ini bisa dioperasikan pada pada PC biasa dengan bantuan trackpad dari Microsoft untuk bisa mendeteksi sentuhan dari penggunanya.

Layar atau Tombol Start
Tidak seperti Windows 7, tombol Start pada Windows 8 tersembunyi. Tombol ini berfungsi mirip dengan layar Home pada Windows Phone dan hanya muncul jika Anda mengarahkan panah mouse atau tetikus ke arah pojok kiri bawah.

Fitur Multi Monitor Lebih Baik
Beberapa dari kita ada yang menggunakan lebih dari satu monitor untuk satu PC. Namun, hal ini membutuhkan manajemen desktop yang baik. Kini Anda bisa membuka layar Start pada salah satu monitor dan layar desktop pada monitor yang lainnya. Anda bahkan juga bisa memiliki background yang berbeda antara satu monitor dengan monitor lainnya.

Fitur Charms
Windows 8 memiliki fitur Charms yang belum dipasang di Windows 7. Dengan fitur ini, Anda bisa mengakses menu Search, Share, Device, serta Settings hanya dengan mengarahkan mouse ke arah sebelah kanan layar.

Search dan Social Windows 8
Selain fitur Charms, menu Search juga bisa dilakukan di menu Start seperti pada Windows 7. Di Windows 8, Anda dapat dengan mudah dan cepat mengakses jejaring sosial, karena adanya aplikasi Facebook, Twitter, dan Linkedln yang sudah otomatis terdapat di tampilan. Bahkan, Anda bisa menerima langsung notifikasi dari jejaring sosial tersebut.

Windows 8 Miliki Device ARM (Baru)
Jika sebelumnya Windows hanya mendukung PC dengan prosesor AMD atau Intel yang x86-based, kini Windows 8 juga bisa digunakan pada beberapa device yang menggunakan ARM. Hal ini dilakukan untuk bisa bersaing dengan iPad dan tablet Android. Namun, hanya Windows 8 jenis RT (Run Time) saja yang memiliki device ARM ini.

Windows Store (Baru)
Windows Store adalah bagian utama dari Windows 8 yang menyediakan berbagai macam aplikasi, baik yang gratis maupun yang berbayar. Anda bisa membuka menu Store ini melalui Charms seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jika aplikasinya sudah mesti di-update, Anda dapat dengan mudah mengunduhnya, semudah memperbaharui aplikasi pada iOS atau Android.

Fitur Cloud (Baru)
Windows 8 Kini, ada fitur Cloud di Windows 8. Dengan fitur ini, Anda bisa mensinkronisasi data Anda ke aplikasi Skydrive. Selain itu, Anda juga bisa menyimpan data Anda dari atau ke Skydrive

Kebutuhan Spesifikasi
Untuk dapat menginstal Windows 8 ke komputer Anda, kartu grafis paling tidak harus 512MB. Sedangakan untuk Windows 7 hanya membutuhkan 128MB saja. Untuk spesifikasi yang lain hampir sama dengan Windows 7. Seperti RAM 1GB, prosesor 1GHz, minimal HDD 40GB hanya area kosong harddisk lebih besar Windows 8 (20GB). Untuk komputer-komputer jaman sekarang ini tidak akan masalah, yang masalah adalah komputer-komputer yang sudah agak ketinggalan. Ini salah satu alasan mengapa konsumen mempertahankan menggunakan XP.


Kesimpulan
Windows 8 adakah Produk yang membawa perubahan besar dalam menggunakan komputer. Fitur-fiturnya juga bagus seperti booting dan copy yang lebih cepat, aksebilitas internet yang lebih baik, mempermudah pengguna dalam kehidupan digital dan sosial seperti Twitter dan lain sebagainya. Sudah tentu Microsoft tidak membuat produk yang lebih buruk, masalahnya adalah ditermia atau tidak oleh pengguna. Ini bisa kita sebut sebagai masa transisi, transisi dari mouse ke jari Anda. Wajar bila masa transisi banyak yang menolak karena masih menggunakan teknologi sebelumnya. itulah perbedaan dan kelebihan Windows 8 dan 7.

Lihat Juga
>> Inilah Tanda Komputer Anda Terserang Virus
>> Cara Mudah Mengoptimalkan RAM Komputer
>> Mematikan Komputer Otomatis Shutdown Saat Selesai Download

1 Response to "Perbedaan dan Kelebihan Windows 8 dengan Windows 7"

  1. thanks min , artikelnya sangat menarik sekali apalagi membahas perbedaan windows ini...
    solder uap

    BalasHapus