Penyebab Kuota Internet Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Apakah anda pernah merasakan saat tidak ada aktifitas internet alias idle namun posisi koneksi masih terhubung, dan tiba-tiba ketika cek kuota internet pemakaian hasil penggunaannya menunjukan volume yang besar dan cepat habis? Nah, jika ya berikut ini beberapa ulasan analisa dan cara mengatasinya mengenai kuota internet yang cepat habis.

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Bagi anda yang biasa surfing dengan membeli paket data internet berdasarkan kuota, perlu berhati-hati. Bila keasyikan “berselancar” kuota data internet anda bisa habis bahkan tak lama setelah anda membeli paket internet. Bila anda membeli paket data internet unlimited, perlu diketahui provider-provider umumnya akan membatasi kecepatan internet setelah mencapai batas maksimal kuota.

3 Kegiatan Yang Menyebabkan Kuota Internet Cepat Habis (BOROS)

YouTube
Menonton video YouTube akan menghabiskan kuota data internet. Ungguh video ke YouTube juga akan menghabiskan kuota internet. Solusinya adalah dengan mengatur resolusi video yang ditonton/diunggah. Hindari video beresolusi HD. Resolusi HD memang menghasilkan gambar video yang bagus tetapi menghabiskan 200MB per menit.

Video Chat
Melakukan Video Chat di Skype, Hangouts dan sejenisnya akan membuat kuota internet anda cepat habis. Sebaiknya anda hindari video chat kecuali terkoneksi wifi unlimited. Gunakan saja chatting sederhana semacam BBM, WhatsaApp atau cukup dengan SMS dan menelpon.

Streaming Musik
Kelebihan dari mendengar musik secara online adalah anda tidak membutuhkan ruang penyimpanan untuk memutar. Kelemahannya adalah, streaming musik dapat menghabiskan kuota internet. Resolusi musik 320 Kbps akan menghabiskan 2,4 MB per menit. 1 jam akan menghabiskan 115 MB.

Download
Kegiatan mendownload adalah aktifitas yang sering dilakukan, perlu anda ketahui mendownload file - file besar seperti film atau game akan menghabiskan jatah paket kuota anda.

4 hal diatas biasanya yang sering dilakukan oleh pengguna internet tetapi, perlu diketahui bukan dari sisi pengguna saja yang bisa menyebabkan borosnya kuota internet melalinkan dari PC Dekstop pengguna juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Berikut ini adalah faktor internal yang menyebabkan kuota internet cepat habis :
  • OS dan Browser anda masih kosong dan baru pertama kali diinstal, maksud kosong disini adalah belum di install plugin browser sebelum internetan, tapi langsung konek, sehingga pada saat posisi online, seperti yang dijelaskan diatas, akan autosync dan auto update sehingga boros bandwidth.
  • Tidak mengahpus cache history browser saat akan menginstall browser versi baru.
  • Tidak men-disable auto update dan autosync, semuanya dibiarkan default.
  • Memasang banyak program pada system try di taskbar kanan bawah.
  • Menggunakan program AV yang juga auto update.
  • Membuka akses auto update pada OS (Operating Sistem).

Solusi untuk mengatasinya supaya kuota internet tidak cepat habis dan pemakainnya benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan :
  • Jangan langsung koneksikan internet anda, Persiapkan dulu OS dan browser yg anda gunakan sampai benar-benar siap.
  • Jika anda sudah punya file plugin offline setup, maka perispakan file tersebut pada posisi offline (Tidak terkoneksi internet).
  • Siapkan tools bandwidht metter untuk memantau dan memonitor kuota pemakaian bandwidth, baik saat anda aktif berinternet maupun anda sedang idle, tapi tetap terkoneksi, nanti di tools tersebut akan terlihat, sebenarnya aplikasi mana yg sedang beraktifitas secara aktif saat anda idle, jika melihat hal itu tinggal klik dan disable.
  • Jika anda menggunakan modem USB untuk internetan dengan provider atau ISP mana saja, Maka pastikan driver modem sudah terinstallasi dengan baik, terutama jangan sampai menggunakan auto update driver, pastikan itu tidak aktif.

Baca Juga :
== Cara Mempercepat Performa Browser Google Chrome
== Menghilangkan @wifi.id Modem Telkom Speedy

Sementara itu yang bisa disampaikan, semoga bisa bermanfaat untuk anda semua. Gunakan internet sebaik mungkin sebisa anda mampu memaksimalkannya, Untuk kebutuhan yang edukatif maupun meningkatkan produktifitas anda. Selamat berkarya dan beraktifitas

5 Responses to "Penyebab Kuota Internet Cepat Habis dan Cara Mengatasinya"