Cara Mempercepat Performa Browser Google Chrome

Browser merupakan sebuah aplikasi atau software yang selalu digunakan ketika berselancar di internet. Dan salah satu browser yang paling banyak digunakan didunia adalah Google Chrome. Bukan hanya oleh para pengguna PC desktop, Google Chrome juga populer di antara para pengguna perangkat mobile, khususnya yang berbasis Android.

Seiring dengan penggunaannya sehari-hari terkadang google chrome yang kita gunakan untuk berselancar tersebut mengalami penurunan performa/kinerja atau tidak secepat pertama kali kita menggunakannya.

Hal tersebut dapat kita rasakan ketika kita menggunakan google chrome untuk membuka internet, seperti google chrome memberikan resfon yang kurang cepat, dan browser tersebut juga menjadi terasa semakin berat sehingga memperlambat proses ketika membuka halaman.
Browser Google Chrome
Untuk mengatasi masalah tersebut dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara untuk mempercepat performa kinerja google chrome.
  1. Pertama Buka browser Google Chrome lalu di Addres Bar Ketik chrome://flags/#max-tiles-for-interest-area. Setelah itu pilih kotak layanan bertuliskan 'Maximum Tiles For Interest Area', lalu pilih opsi '512' dan pilih 'Relaunch Now'. Hal ini dilakukan untuk mengganti RAM Rate browser Chrome yang awalnya 64MB menjadi 512MB.
  2. Lalu ketik lagi chrome://flags/#enable-new-ntp. Setelah itu ganti kotak 'Default' menjadi 'Enable' lalu tekan 'Relaunch Now'. Kemudian pilih 'Restart Google Chrome'.
Dua cara sederhana di atas mampu mempercepat performa browser Chrome sehingga terasa lebih ringan dan Akses ke setiap laman yang dituju akan terasa lebih cepat.

Namun jika anda sudah lama menggunakan Browser Chrome ada sebaiknya menghapus cache, data history dll. Karena Menurunnya performa google chrome tersebut bisa jadi disebabkan menumpuknya cache atau tidak pernah dihapusnya data history browser dan pemakaian Extensions yang berlebihan serta pemakaian plug-ins yang terlalu banyak.

Berikut ini adalah caranya :

1. Clear Browsing Data
Membersihkan data history browser tentu saja penting untuk dilakukan, semakin banyak data history yang tersimpan di browser tentu saja dapat mempengaruhi performa browser.
Buka Google Crome anda klik button Customize and Control Google Chrome –> More tools –> Clear Browsing Data –> pilih The Beginning Of Time –> dan klik Clear Browsing Data, Liata pada gambar dibawah ini :
Clear Browsing Data Google Chrome

2. Pengaturan Extensions
Setelah Browsing Data kita bersikan, selanjutnya beralih ke extensions. Buka lagi Google Chrome anda klik Customize and Control Google Chrome –> klik Settings –> Extensions –> klik Remove pada Extensions yang tidak diperlukan.

3. Setting Plug-ins
Buka Google Chrome anda dan pada addres bar ketikkan chrome://plugins maka google chrome akan menampilkan semua plug-ins yang terpasang, anda perhatikan plug-ins mana yang tidak penting berada dalam google chrome anda dan klik Disable.

Plugin digunkan untuk mendukung google chrome menjalankan aplikasi-aplikasi tertentu seperti flash player yang dibutuhkan ketika membuka file flash pada google chrome.

Namun demikian tidak semua plug-ins yang terpasang tersebut selalu digunakan, coba anda perhatikan dan Disable plug-ins yang tidak diperlukan untuk mempercepat kinera browsing.

   Baca Juga :
Itulah beberapa cara mempercepat performa google chrome yang tentunya penting untuk kita lakukan agar kinerja browser yang kita gunakan semakin cepat. Dengan menggunakan browser yang memiliki ferforma cepat dan ringan tentu saja anda akan semakin betah dan nyaman ketika berselancar di internet. Semoga bermanfaat

2 Responses to "Cara Mempercepat Performa Browser Google Chrome"

  1. gk ada Maximum Tiles For Interest Area di chrome://flags/#max-tiles-for-interest-area gimana nih

    BalasHapus
  2. boleh nih dicoba, biat makin kenceng saat menggunakan browser satu ini...
    pinset

    BalasHapus