7 Penyebab Harddisk Cepat Rusak

Banyak pengguna yang belum banyak pengetahuan/pengalaman mengenai dunia komputer seringkali menimbulkan masalah pada PC atau laptop. Nah oleh sebab itu anda perlu belajar mengenai hal-hal yang terkait dengan gadget yang dimiki untuk meminimalisir terjadinya kerusakan yang sangat parah.

Seperti Harddisk merupakan bagian penting dari CPU tanpa Harddisk anda tidak dapat menghidupkan komputer yang berfungsi untuk menyimpan file - file anda. Kebanyakan pengguna hanya menggunakan dan jarang memperhatikan keadaan harddisk komputernya, jika tidak dirawat dengan benar apalagi digunakan dengan asal-asalan bisa saja hardisk anda cepat rusak.

Penyebab harddisk cepat rusak bisa bermacam-macam. Kerusakan paling dominan adalah disebabkan ulah pemakai yang belum paham benar dengan media penyimpanan ini. Ciri-ciri rusaknya harddisk antara lain; tidak terbaca ketika akan diinstal operating system, komputer sering restart sendiri, komputer/laptop menjadi lemot dan sering Hang, PC/laptop susah booting, terdengar bunyi kasar pada harddisk.

Faktor Penyebab Harddisk Cepat rusak

Sekarang U-trik.com akan sedikit berbagi untuk menambah pengetahuan mengenai Harddisk sehingga resiko kerusakan bisa di minimalisir:
Berikut ini Penyebab HardDisk Cepat Rusak, silahkan disimak baik - baik:

1. Suhu Panas
Tahukah anda bila komputer terlalu lama digunakan didalam CPU akan menjadi panas itu tidak masalah apabila pendingin bekerja dengan baik dengan jumlah kipas yang cukup apabila minimnya pendingin, bisa menyebabkan harddisk menjadi panas, komponen lemah dan mudah rusak.

2. Tegangan Listrik Tidak Stabil
Apakah komputer anda sering restart sendiri atau tiba- tiba mati lalu langsung hidup kembali tanpa anda menekan tombol power, itu salah satu ciri listrik yang anda gunakan tidak setabil. Kondisi ini dapat mengakibatkan kerusakan harddisk, apalagi jika listrik sering tiba - tiba padam.

3. Guncangan Saat Komputer/ Laptop Sedang Digunakan
Guncangan keras yang terjadi pada CPU beresiko menyebabkan kerusakan pada komponen Harddisk secara fisik.Pada saat bekerja, head Harddisk mengambang di atas permukaan piringan atau platter saat terjadi guncangan bisa saja cakram di dalam hardisk mengalami lecet dan terjadi bad sector. Itulah mengapa guncangan maupun getaran bisa menyebabkan head Harddisk menyentuh bagian- bagian magnetik hard disk lain.
Bagi pengguna laptop, sangat tidak disarankan untuk membawa atau menjinjing laptop saat sedang hibernate, aktif atau standby. Posisi tersebut sebenarnya masih dalam keadaan aktif, jika terjadi gerakan atau goncangan maka akan mengganggu signal digital hard disk.

4. Terlalu Sering Menformat Hardisk
Jika kita terlalu sering menformat harddisk  atau terlalu jarang menformat hardisk bisa mengakibatkan badsector pada hardisk dan harus dapat menentukan kapan waktunya hardisk kita harus di format.
Solusinya: penggunakan perintah format akan di lakukan apa bila harddisk tersebut akan di instal os(sistem operasi) ,badsector , partisi baru , dll. Kalau bisa kita menformat hardisk kita 6 bulan sekali jika hardisk kita akan menjadi tempat menyimpan data maka format lah terlebih dahulu sebelum hardisk kita rusak.

5. Sering Instal Ulang
Instal ulang adalah menghapus semua data sistem kemudian mengisinya kembali maka hardisk akan bekerja sangat keras karena harus menghapus dan menulis kembali data dalam hardisk, panas yang dihasilkan dapat melemahkan kinerja hardisk dan membuat masa pakai harddisk berkurang.

6. Tidak Pernah Melakukan Defragment
Jika harddisk tidak pernah kita defrag akibatnya pada saat pemakaian hardisk dalam jangka waktu lama maka hardisk akan terdefragmentasi sehinggah mengakibatkan  file-file yang kita simpan akan berantakkan tempat peletakannya dan akan mengakibatkan harddisk menjadi lambat dalam mencari data.
Maka dari itu Melakukan defrag harddisk perlu, agar lengan harddisk tidak terlalu berat bekerja. File disusun kembali agar menyatu dan lebih mudah dibaca oleh lengan harddisk. Tapi terlalu sering melakukan defrag akan beresiko rusaknya harddisk. Lakukan defragment harddisk bila pesentasinya mencapai 5-10%.

7. Banyaknya File Sampah yang Tidak Berguna
Hal ini sering tidak pikirkan namun hal ini bisa menjadi hal yang fatal untuk hardisk. Pastikan file-file yang tidak berguna dan berformat asing Anda hapus. Selain itu file yang tidak tersusun rapi ternyata juga sangat tidak baik karena mengakibatkan bad selector pada Harddisk.

Dari semua faktor diatas dari pengalaman kami faktor no 1 sampai 3 yang paling banyak menyebabkan harddisk cepat rusak tapi tidak dipungkiri faktor lainnya. Jadi mulai sekarang anda harus lebih berhati - hati jika ingin masa pakai harddisk anda lama.

Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya file atau data-data penting Anda diback up pada harddisk eksternal atau flashdisk apabila harddisk komputer/laptop Anda rusak atau sudah tidak terbaca lagi.
Semoga tulisan ini bermanfaat.

2 Responses to "7 Penyebab Harddisk Cepat Rusak"

  1. Posting artikel sangat membantu sekali para pemula pengguna komputer / laptop ayo maju teyus majukan IPTEK di Indonesia biar semua orang bisa mengoperasikan PC/ Laptop. thank you verry Much to U-Trik.com. Sallam DamaiForever.

    BalasHapus
  2. ternyata Tidak Pernah Melakukan Defragment dapat memicu rusaknya hardisk ya...
    solder listrik

    BalasHapus