3 Software Gratis Untuk Membuat Game

Apakah kamu suka bermain Game atau senang membuat cerita sendiri? Pernah berkhayal menulis soundtrack untuk spermainan? Merancang desain karakter kamu sendiri, untuk game pertarungan sengit atau simulasi peperangan?

Dulu, butuh ketrampilan pemrograman yang hebat dan kerja keras bertahun-tahun untuk membuat satu game yang enak dimainkan. Sekarang, kamu pun bisa membuat game kamu sendiri tanpa modal yang besar dengan memakai yang namanya game engine. Berikut adalah rekomendasi game engine gratis yang digunakan untuk menciptakan game-game terbaik!

1. Unity 3D
Unity merupakan satu-satunya game development tool high-end berbasis Mac yang mendukung stylish pro-app GUI. Tidak ada konflik pada alur kerja, adanya fitur top-of-the-line untuk grafik yang diperluas, efek partikel yang menakjubkan, scripting yang dioptimalkan, dukungan Ageia physX Engine, karakter animasi dan ragdolls, dan kelebihan untuk membuat standalone game untuk Mac dan Windows (Widgets Dashboard dan plugins web) .
Unity
Unity merupakan editor game 3D yang memiliki salah satu mesin game paling canggih yang ada saat ini. Dikemas dengan kekuatan dan dibangun untuk memenuhi tuntutan pengembang game untuk pembuatan game-game generasi berikutnya.

Dengan Unity, berbagai jenis game bisa diciptakan secara fleksibel. Contoh jenis game yang telah dibuat menggunakan Unity antara lain: massively multiplayer online game berbasis browser; first person shooter (game tembak menembak); game balap; real time strategy (game siasat perang); role playing game (RPG); dan sebagainya.


2. GameMaker Studio
Kali ini pengembang YOYOGAMES mengumumkan secara resmi bahwa software pembuat game, GameMaker Studio Standard Edition bisa di download secara gratis selamanya tanpa ada batasan waktu lagi. Ini dikarenakan banyaknya developer yang sudah menggunakan software GameMaker Studio. Software ini telah digunakan 1,2 juta developer perbulannya dan memiliki kisah suksesnya sendiri. Sebelumnya software ini harus kamu beli seharga $49.99 atau Rp. 600 Ribu. Dengan software ini kamu dapat membuat game 2D tanpa harus bisa coding.

GameMaker Studio

Jadi buat kamu yang tertarik ingin membuat game sendiri tanpa bisa coding, mungkin kamu harus mencoba software GameMaker Studio Standard Edition ini. Fitur-fitur yang kamu dapatkan dari versi Standard Edition ini adalah Windows Desktop Export saja, selebihnya seperti Windows App Export, Mac OS X Export, Ubuntu Linux Export, HTML5 Export, Android Export, iOS Export, Windows Phone 8 Export, dll merupakan fitur berbayar milik GameMaker Studio Professional atau Master Collection.


3. Panda3D
Panda3D adalah program untuk animasi 3D dan penciptaan game yang Open Source dan gratis untuk penggunakan komersial sekalipun. Salah satu fitur unggulan program ini adalah monitor kinerjanya, sehingga beban CPU dan GPU (Graphics Processing Unit) bisa diketahui sekilas. Selain itu, program ini juga langsung bekerja begitu diinstall pada komputer, sehingga mudah digunakan oleh pencipta game yang bukan programmer.
Panda3D

Screenshot dari “Pirates of the Caribbean Online”: http://piratesonline.go.com/welcome
Sangat mirip dengan aktris aslinya bukan?

Baca Juga

Kembangkan imajinasi kamu dan buatlah game keren sendiri, siapa tahu kamu akan menjadi pembuat game yang profesional.

4 Responses to "3 Software Gratis Untuk Membuat Game"

  1. download game maker bayar apa gk sihh ( lihat game maker yang sekarang .......

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih ada versi yang gratisnya om
      untuk fersi gratis fiturnya emang lebih sedikit dari pada yang berbayar

      Hapus